Cara Membudidayakan Ikan Gabus Dengan Baik Dan Benar,Mudah,Gak Ribet

Cara membudidayakan ikan gabus-Selamat datang di matabaca.net, dalam kesempatan kali ini saya selaku penulis akan sedikit menjelaskan memngenai cara membudidayakan ikan gabus. tidak jauh  berbeda dengan cara  membudidayakan ikan lele, membudidayaan ikan ga

Namun sebelu mulai memasuki pembahasan, penulis ingin bertanya, tahukah kalian apakah ikan gabus itu, dan seperti apakah bentuk dari gabus itu?.

Ikan gabus merupakan sejenis ikan predator, yang mana ikan ini hidup di air tawar, ikan ini sangat dikenal diberbagai macam daerah. Tentunya dengan nama yang berbeda beda pula,

Itulah sedikit penjelasan mengenai ikan gabus, lalu sepert apakah betuk dari ikan gabus itu sendiri, bentuk dari ikan gabus sendiri sangatlah mirip dengan ikan lele, hanya saja ikan gabus tidak memiliki kumis, ikan ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 1m.

Berkepela besar dan kepeng hampir mirip seperti ular, sehingga ikan ini juga mendapat julukan snake head atau kepala ular.ikan ini juga mempunyai sisik beasr yang terdapat di atas kepala. Bentuk tubuhnya bulat,dan siripnya memanjang, sedangkan bentuk sirip dibagian belakang berbentuk bulat dibagian ujung.

Bagian atas tubuh mulai dari kepala hingga ekor, berwarna gelap. Namun ada juga yang berwarna kecoklatan, dan kehijauan. Sedangkan di bagian bawah dimulai bagian dagu hingga ke bawah berwarna putih. Sedangkan dibagian sampingnya bercoret ceret agak kabur, dan yang perlu kalian ketahui, ikan gabus juga mampu menyerupai warna yang ada di sekitarnya.

Selain itu bentuk dari mulut ikan gabus sendiri sangatlah besar dan mempunyai gigi yang sangat tajam. Itulah beberapa ciri ciri ikan gabus. Gimana sobat apakah kalian  sudah memiliki gambaran seperti apakah itu. Setelah kita membahas tentang mengenai seperti apa ikan gabus itu, selanjutnya penulis akan membahas bagaimana cara untuk membudidayakan ikan gabus, hingga mampu meraih penghasilan yang terbilang cukup memuaskan. Ok tanpa basa basi mari kita bahas bersama tentang cara membudidayakan ikan gabus.

 

Baca juga cara mudah membudidayakan ikan lele

Cara Membudidayakan Ikan Gabus

cara membudidayakan ikan gabus
matabaca.net

Cara cara dalam membudidayakan ikan gabus tidak jauh berbeda dengan cara membudidayakan ikan yang lain, berikut adalah hal hal yang perlu dilakukan jika kalian ingin sukses dalam membudidayakan ikan gabus. Bagi kalian yang masih pemula atau newbie, dalam hal berbudidaya ikan, cara ini sangatalah efektif untuk membudidayakan ikan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih indukan ikan.

Memilih Indukan Ikan Gabus

cara membudidayakan ikan gabus
cara membudidayakan ikan gabus

Untuk bisa memilih indaukan ikan gabus, kalian harus bisa membedakan antara ikan gabus perempuan dengan ikan gabus yang laki laki,lalu bagaimana cara membedakan membedakan antara ikan gabus laki laki dan perempuan, berikut penulis cantumkan ciri cirinya.

Ciri Ciri Ikan Gabus Jantan

Untuk ciri ciri ikan gabus jantan, biasnya ditandai dengan adanya bentuk kepalanya yang ovale, dan mempunyai warna tubuh yang gelap.selain itu ikan gabus jantan juga memiliki lubang di bagian genital yang memerah, dan lubang tersebut akan mengeluarkan cairan benih jika di urut.

Ciri Ciri Ikan Gabus Betina

Berbeda dengan yang jantan, jika ikan gabus jantan memiliki bentuk kepala yang ovale, ikan gabus betina memiliki bentuk kepalayang bulat. Sedangkan warna kulit pada ikan gabus betina sangat terang, ciri ciri lain dari ikan gabus betina juga bisa di ihat dari perutnya,yang cenderung besar dan agak lembek jika di sentuh, dan yang paling penting, jika kalian mengurut perutnya ikan gabus betina akan mengeluarkan telur.

Pemijahan Ikan Gabus

cara membudidayakan ikan gabus
matabaca.net

Cara membudidayakan ikan gabus berikutnya adalah pemijahan, dan untuk melakukan pemijahan, kalian perlu mempersiapkan tempat berupa fiberglass atau bak beton, untuk ukuran tempat kira kira 7×4 meter degan kedalaman 2 sampai 3 meter, setelah itu di biarkan selama 4-5 hari.

Setelah didiamkan baru selanjutnya kalian bisa mengisinya dengan air, dengan total volume air 55 cm, dan cara yang paling efektif adalah membiarkan air mengalir, selama proses pemijahan berlangsung. Hal tersebut mampu membantu ekstensi pemijahan, dan jangan lupa setelah itu tutupi tempat yang telah disiapkan dengan tanaman enceng gondok.

Dan untuk indukan ikan gabus, sebaiknya kalian masukan masing masing sebanyak 30 indukan, kedalam tempat yang telah kalian sediakan. Agar proses pemijahan terjadi secara alami, dan pastikan selalu mengontrol kolam agar pemijahan bisa lebih efektif.

Proses Penetasan Telur

Supaya lebih mudah dalam pengontrolan kondisi telur ikan gabus, maka sebaiknya telur dipindahkan ke dalam aquarium, caranya pun sangatlah mudah

  • Siapkan aquarium yang berukuran 65x45x45 cm,
  • Keringkan aquqrium kurang lebih selama 2 hari
  • Kemudian isi aquarium tersebut dengan air sampai ketinggian mencapai 40 cm
  • Pasang juga aerasi aquarium pemanas, hingga mencapai suhu 28ᵒc

Itulah sedikit cara membudidayakan ikan gabus jika sudah mencapai tahap penetasan telur, dan sedikit tambahan untuk kepadatan telur ±4-6 perbutir. Setelah itu biarkan telur tersebut hingga menetas, pada umumnya ikan gabus akan menetas selama 24 jam, kenapa secepat itu, jawabanya dikarnakan telur ikan gabus sudah memiliki stok makananselama 2 hari setelah ikan gabus menetas, jadi anda tidak perlu repot repot memberi makan anakan ikan gabus yang baru menetas.

Cara Memelihara Anakan Ikan Gabus

cara membudiadyakan ikan gabus
cara membudiadyakan ikan gabus

Untuk memelihara anakan ikan gabus, bisa dilakukan dengan dua cara

  • Untuk anakan ikan gabus yang masih berumur 2 hari sebaiknya di beri makan berupa naupli artemia, sebanyak 3 kali sehari.
  • Setelah mencapai umur 5 hari berilah makanan tambahan berupa daphnia sebanyak 3x sehari
  • Pastikan air selalu diganti secara rutin, untuk menjaga kualitas air dan menghilangkan sisa sisa pakan.

 

Baca juga cara menanam cabe hidroponik di rumah

Membuat kolam untuk ikan gabus generasi baru

Setelah anakan ikan gabus mencapai usia dewasa, maka tahap selanjutnya adalah membuat kolam ikan, untuk pembuatan kolam kalian bisa menggunakan dinding beton, atan memanfaatkan terpal sebagai alas kolam ikan yang kalian buat.

Ukuran kolam untuk membudidayakan ikan gabus pada umumnya adalah 2-5 meter, dan jangan lupa sebelu kalian memasukan air ke dalam kolam ikan yang berlantaikan tanah, sebaiknya dikeringkan dulu selama 1 minggu.

Menebar benih ikan gabus yang sudah dewasa

Setelah membut kolam ikan proses selanjutnya adalah menebar benih ikan gabus yang sudah dewasa kedalam kolam yang sudah disiapkan, kira kira setelah biibit bibit tersebut sudah mecapai umur 2 minggu, sebagai catatan lebih baik waktu menebar benih ikan  di laksanakan saat menjelang pagi hari,dan sedikit catatan lebih baik jangan di beri makan terlebih dahulu hingga berjalan selama 2 hari, baru setelah itu bisa di beri makan berupa 2kg tepung pelet.

Pemberian makan ikan gabus

Untuk pemberian makan, sebaiknya menggunakan pelet khusus ikan gabus, dan untuk tambahan maknan kalian bisa menggunakan ikan teri,anakan rayap,dan sisa ampas daging dapur. Dan jiika kalian ingin mencoba membuat pelet sendiri berikut adalah bahan yang perlu disiapkan saat kamu hendak membuat pelet sendiri.

  • 20% ikan teri
  • 50% dedek /pakan ayam
  • 10% ampas tahu
  • 10% jagung
  • Setelah semua terkumpul rebus secara bersamaan dan digilin jadi satu
  • Kemudian jemur hingga kering

Sedikit catatan penting, usahakan saat memberi makan ikan gabus jangan telat, di karnakan ikan gabus merupakan ikan kanibal, jadi jika pemberian makan telat, maka ikan gabus bisa memakan sesama ikan ikan yang lain, jadi usahakan pemberian makan dilakuakan secara teratur.

Cara penen ikan gabus

Ha yang unik dri cara membudidayakan ikan gabus adalah anda bisa menyesuaikan harga pasar, bahkan kamu bisa melakkan pemanenan secara betahap dalam satu kolam, hal ini adalah merupakan salah satu kelebihan ikan gabus, selain itu ikan gabus juga memilik daya tahan yang cukup tinggi, hal ini lah yang membedakan dengan proses cara membudidayakan ikan ikan yang lain.

Jenis jenis ikan gabus

Ada banyak jenis ikan gabus di dunia ini, setiap jenis memiliki perbedaan di mulai dari warna, jenis,corak,dan bentu yang unik, namun masih termasuk ikan gabus. Ikan gabus juga dikenal dengan sebutan ikan tomang, dan setelah penuis menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara membudidayakan ikan gabus, selanjutnya kita akan membahas jenis jenis ikan gabus.

Beriku adalah jenis jenis ikan gabus yang ada di seluruh dunia:

Channa amphibeus

Ikan gabus ini hanya tersebar di asia dan mempunyai nama lain borna snake head, panjang dari ikkan gabus ini bisa mencapai 25cm.

Channa argus argus

Ikan gabus ini memiliki nama lain berupa norther snake head, jenis ikan yang satu ini juga tersebar di asia, dn panjangnya juga mampu mencapai 85 cm.

Channa asiatica

Jenis ikan gabus berikut ini juga termasuk ikan yang tersebar di asia, dan memilikii nama lain dan memilik nama lain chinesse snakehead dengan panjang yang mampu dicapai hingga 40cm.

Channa aurantimaculate

Masih termasuk jeniis ikan yang tersebar di asia, ikan gabus yang satu ini memiliki nama lain orangge spotted snakehead, panjang ikan yang satu ini mampu mencapai 40cm.

Channa bankanensis

Channa bankanensis memilliki nama lainbanka snake head dangan panjang yang mampu di capai hingga 14cm, dan ikan ini juga masih ikan yang tersebar di asia.

Channa baramensis

Mempunyai nama lain berupa baram snakehead, dan ikan ini juga tersebar di asia, dan mampu mencapai panjang hingga 22cm.

Channa barca

Tersebar diasia ikan ini memilliki nama lain barca snake head, dan panjang ikan ini mampu mencapai 9ocm.

Channa blaheri

Ikan yang satu ini juga termasuk ikan yang tersebar di asia, ikan ini memiliki wana kuli yang bercorak, jadi tidak heran kenapa ikan yang satu ini meiliki nama lain berupa rainbow snakehead, panjang dari ikan ini mampu mencapai 20cm.

channa burmanica

Channa burmanica mempunyai nama lain burnese snake head, ikan ini uga tersebar perairn air tawar di asia, jenis ikan gabus yang satu ini mampu mencapai panjang 160cm.

Channa cyanospilos

Iakan ini tersebar di perairan asia, dan memunyai nama lain bluespotted snake head jenis ikan gabus yan sat ini mampumencapai pajang hingga 20cm.

Channa diplogramma

Jenis ikan ini memiliki nama lain malabar snake head, ikan gabus ini juga tersebar di perairan asia, dan panjang dari jeniis ikan yang satu ni mapu mencapai 60cm.

Mungkin cukup sekian artikel kali nin mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian, kurang lebihnya penulis minta maaf yang sebesar besar, dan jangan lupa baca artikel lainya hanya di matabaca.net, ok gaes see yau next time……..!

Satu pemikiran pada “Cara Membudidayakan Ikan Gabus Dengan Baik Dan Benar,Mudah,Gak Ribet

  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di bagusaquaticfarm dot com
    semoga sukses selalu 🙂

Tinggalkan komentar