Contoh Seni Rupa Terapan

posted in: Beranda, Informasi | 0

Selamat datang kembali di matabaca.net sahabat, dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa contoh contoh dari seni rupa terapan. Dan bagi kalian yang belum tahu mengenai pengertian dari seni rupa terapan silahkan klik kalimat berwarna biru. Ok berikut adalah kumpulan contoh seni rupa terapan,selamat membaca sahabat.

Contoh Contoh Seni Rupa Terapan

Anyaman

contoh seni rupa terapan
matabaca.net

Contoh yang pertama adalah anyaman, anyaman merupakan suatu karya seniyang di buat dari serat yang di rangkaikan hingga membentuk benda yang kaku. Anyaman biasanya dibuat dari baan bahan yang berasal dari tumbuhan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi anyaman juga bisa di buat dari serat plastik. Anyaman biasanya di buat untuk dijadikan sebuah keranjang atau perabotan rumah tangga dan tikar.

Baca juga: Pengertian Seni Rupa Terapan

Batik

contoh seni rupa terapan
matabaca.net

Batik adalah contoh seni rupa terapan yang terbuat dari kain, kain ini biasanya bergambar yang di buat dengan proses yang unik. Batik ini merupakan seni rupa terapan yang memiliki harga seni dan jual yang tinggi,dan sudah menjadi budaya indonesia sejak lama.

Gambar atau corak pada batik sangatlah beragam, hal ini membuat batik dapat di aplikasikan dalam berbagai hal.batik pada umumnya hanya di temukan pada pakaiyan, namun seiring perkembangan zaman, seni batik dapat kita temukan dalam bentuk ukiran dinding,keramik, dan welpeper serta sampul buku.

Batik sendiri dapat terbagi menjadi  5 bagian batik lukis, batik tulis,batik sablon,batik cap,batik mesin. Berikut pengertian nya:

Batik tulis

contoh seni rupa terapan
matabaca.net

Batik tulis contoh seni rupa terapan berupa batik tulis ini merupakan batik yang memilii seni paing tinggi,karna pada pada intinya seluruh motif dari batik tulis tidak ada yang sama di dunia ini. Mungkin serupa tapi kalau sama tidak.

Hal ini di sebabkan karna tingkat buatan tangan yang tinggi. Batik ini 100% di buat menggunakan canting dan gambar berulang ulang menggunakan tangan.

Baca juga: cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat

Batik cap

contoh seni rupa terapan
matabaca.net

Penahkah kalian melihat batik cap, dan tahukah kalian sejarah dari batik cap ini?, kau belum mari kita dengar bersama . pada abad ke 19 ketika permintaan batik di pasaran mulai meluap dan meningkat, para produsen batik mencari cara untuk  memenui luapan permintaan tersebut.sehimgga bisa memproduksi batik dengan lebih cepatdengan lebih banyak.

Sehingga akhirnya timbulah pemikiran batik cap ini,cara pembuatan cap ini bermula dari lempengan besi, ata tembaga yang bermotifdi bubuhkan ke dalam lilin atau yang lebih di kenal dengan sebutan malam.pada proses pembuatanya, dari metode ini akhirnya bstik ini dinamakan batik cap.

Dalam pembuatan batik cap biasanya hanya memiliki motif yang  berulang ulang dan tidak rumit, dan walaupun tidak rumit, batik cap masih di anggap berkualitas sangat baik, delain itu batik cap masih menggunakan malam dalam proses pembuatanya, sehingga batik ini masih di sebut batik autentik.

Harga batik cap sendiri tidak terlalu mahal biasanya harga batik cap ini berkisaran antara 200-300 IDR. contoh seni rupa terapan berupa batik cap ini, merupakan bukti perkembangan batik di indonesia di karnakan produsen menciptakan metode ini  untuk meningkatkan minat batik di indonesia.

Batik cetak sablon

Contoh seni rupa terapan selanjutnya berupa batik cetak sablon, satu hal perlu di ketahui mengenai bati yang satu ini, batik sablon ini sangat berbeda dengan batik printing. Dalam pembuatan batik ini pekerjanya masih manusia bukan mesin, namunn ternyata masih banyak orang yang salah membedakan batik sablon dengan batik printing.

Batik sablon ini lebih mirip dengan batik cap,karena proses pembuatanya menggunakan besi yang dinamakan plangkan dan rakel. Kedua alat ini biasanya digunakan untuk menyablon kaos namun yang membedakanya adalah prosesnya yang mudah, dan tidak menggunakan malam.

Batik Print

Jenis batik yang satu ini adalah batik printing, lagi lagi karena alasan untuk meningkatkan efisiensi, batik pun bisa diciptakan menggunakan mesin printing, hal itupun membuat masyarakat berpendapat yang beragam mengenai hal tersebut. Sebagaian besar masyarakat mengangap batik yang satu ini tidak mewarisi  tingkat kerajinan dan jenis batik, bahkan banyak yang menjuluki batik printing ini sebagai batik imitasi.

Hal tersebut di sebabkan karena adanya beberapa hal, antara lain pola pembuatan daam batik printing sangat mudah karena bantuan mesin. Untuk harga dari batik printing sendiri hanya mencapai 120.000 IDR. Murah kan ya itu di karnakan batik yang satu ini sangat mudah di temukan di pasaran jadi bisa di maklumi lah.

Batik lukis

Tehnik dalam pembuatan batik lukis ini, sudah tidak menggunakan lilin dan malam lagi, sehingga canting yang biasanya di gunakan untuk membuat batik juga tidak digunakan. Kebanyakan oranag menggunakan puas untuk membat batik yang satu ini. Seperti lukisan pada kanvas, hl ini menjadikan bati ini sebagai karya  seni tesendiri.

Tapi jangan salah harga batik ini sangat tinggi lo, yah meskipun saya endiri ragu sih apakah masih di sebut batik,shihihihihihi.

Batik ini dibuat dengan cara di lukis menggunakan kuas  dan minyak pada kain mori, jarang sekali sih untuk bisa menemukan batik yang satu ini. Harga dari batik ini kira kira berkisar antara 3-400 rb.

Baca juga: cara membuat krajinan dari barang bekas

Kerajinan Kulit

contoh seni rupa terapan
contoh seni rupa terapan

Contoh seni rupa terapan yang satu ini dapat kita temukan dalam berbagai bentuk, antara lain seperti jaket,sabuk,sepatu,dompet,tas  dan wayang.pengerajin kulit sendiri banyak tersebar di beberapa kota di jawa barat. Sesuai dengan namanya kerajinan yang satu ini terbuat dari kulityang sudah di samak entah itu mentah atau sintetis.

Untuk kulitnya sendiri dapat di hasilakan dari sapi,kerbau ,kambing,buaya bahkan ular.setiap kulit memiliki karakter masing masing, hal itu membuat perawatannya pun ber beda beda.

Pakaian

siapa coba yang tidak tahu pakaian, semua orang pasti membutuhkan pakaian. Pkaian sendiri merupakan sebuah kebutuhan primier bagi  bagi setiap orang. Pakaian sendiri disebut sebagai karya seni di karnakanproses pembuatanya di awalai dengan beberapa tahapan.

Dimulai dari bahan mentah kain,hingga menjadi barang yang bisa kita unakan dengan nyaman.Seni dalam membuat pakaian lebh dikenal dengan fashion design,dan pembuatnya disebut designer. Jika kita membahas mengenai pakaian, indonesia sendiri kaya akan budaya termasuk dalam hal pakaian.

Karena banyaknya pakaian adat hal itu membuat para designer semakin piawai daam memanfaatkan keanekaragaman busana adat yang ada di indonesia sebagai ide busana yang mereka buat.

Senjata Tradisional

contoh seni rupa terapan
contoh seni rupa terapan

Kalian pasti pernah dengar,atau bahkan kalian memiliki senjata senjata tradisional ,seperti keris,kujang,tombak atau bahkan bambu runcing. Ya semua itu adalah senjata tradisional khas indonesia. Bahkan sampai saat ini pun senjata tradisional tersebut masih di gunakan oleh daerah daerah tetentu sebagai alat untuk berburu.

Senjata tradisional menjadi salah satu contoh seni rupa terapan dikernakan senjata tersebut mempunyai nilai seni yang tinggi.

Hal itu bisa dilihat dari design senjata dan detailnya, setiap senjata tradisional yang berasal dari berbagai daerah memiliki keunikanya sendiri sendiri, serta mempuyai ciri khas masing masing budaya. Tidak sedikit para kolektor atau budayawan yang mengoleksi senjata tradisional dikarnakkan nilai estetika yang tinggi dan sejarahnya

Peralatan Rumah Tangga

contoh seni rupa terapan
contoh seni rupa terapan

Contoh seni rupa selanjutnya berupa peralatan rumah tangga dimulai dari peralatan makan hingga peralatan dapur, semua itu termasuk daam kategori seni rupa terapan. Setiap peralatan rumah tangga memiliki fungsi dan nilai estetikanya masing masing. Seperti piring,cobek,sendok,kursi,meja dan lain  sebagainya.

Perabotan rumah tangga yang dibuat selalu di sesuaikan dengan fungsi dan tujuan pembuatan barang tersebut,  Agar mampu memberikan kesan indah pada tempat yang kita tinggali dan membuat nyaman orang yang memandang.

Dengan alasan tersebutlah para pengerajin perabotan rumah tangga selalu memberikan design terbaiknya dalam mendesign dan merancang perabotan rumah tangga yang akan di buatnya. Dimulai dari ukiran,motif,jenis bahan yang di gunakan hingga warna yang dipilihpun menjadi penilaian yang  maksimal.

Itulah beberapa contoh seni rupa terapan yang dapat penulis sebutkan, sebenarnya masihbanyak contoh contoh yang lain. Namun karna masalah waktu kami hanya mampu memberikan contoh sedikit, namun dari tulisan ini saya berharap mudah mudahan bisa bermanfaat buat kalian amiin. Jangan lupa baca artikel lainya hanya di matabaca.net,ok see yau netx time gaes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *