Contoh Teks Anekdot Lengkap Beserta Unsur Dan Contohnya

posted in: Beranda, Informasi | 0

Contoh teks anekdot– sebelum memasuki lebih dalam, penullis akan bertanya, ahukah kalian apakah teks anekdot itu?.  Menurut Wikipedia, pengertian dari anekdot  adalah sebuah cerita lucu dan menarik, yang mana cerita tersebut kejadian atau orang sebenarnya.

Sedangkan pengertian anekdot menurut yang saya pahami adalah, teks yang enceritkan kembali, kejadian lucu, dan tidak biasayang terjadi dalam kenyataan atau imajinasi. Sedangkan tujuan dibuatnya teks ini adalah, untuk sekedar menghibur pembaca. Namun kebanyakan dijaman sekarang, anekdot menggunakan kejadian yang nyata, dan terjadi di masyarakat kita dan melibatkan orang orang yang bersangkutan.

Selain itu, teks ini berisi pesan yang singkat, padat dan penuh dengan kelucuan. Pesan yang ada pada teks ini biasanya disampaikan kepada tokoh tokoh masyarakat, yang berisikan kritikan, sindiran terhadap situasi dan kondisi, daam bidang tertentu.

Itulah pengertian singkat mengenai teks anekdot, untuk lebih jelasnya silahkan simak video dibawah ini:

Dari video di atas sudah terbayangkan teks anekdot itu apa, kalau sudah mari bersama sama kita pelajari lebih dalam, mengenai teks yang satu ini.

Ciri ciri teks anekdot

contoh teks anekdot
matabaca.net

Sebagai pesan atau teks cerita, agar terlihat lebih bagus, teks anekdot sendiri memiliki beberapa ciri ciri, antara lain:

  • Pada umumnya teks anekdot adalah teks yang bercerita mengenai mahluk hidup, seperi hewan atau figure manusia, yang dijdikan sebagai karakter didalam teks ini.namun ada juga yang menggunalan benda mati sebagai karakternya.
  • Teks anekdot sendiri mempunyai kemiripan dengan dongeng, namun tetap mempunyai perbedaan yang sangat jelas.
  • Bersifat humoris.
  • Berisi sindiran, dan sebuah keritikan yang ditujukan secara halus.
  • Teks ini hanya ditujukan kepada tokoh tokoh masyarakat, atau pejabat Negara, ataupun orng terkenal lainya.
  • Cerita yang terdapat dalam teks ini,berkaitan dengan relitas yang ada, namun diubah dalam bentuk cerita yang terbilang humoris.

Struktur teks Anekdot lengkap beserta unsurnya

Seperti  teks novel,cerpen atau teks pada umumnya, teks anekdot juga memiliki juga mempunyai struktu dan unsur unsur, yang menjadi ciri khas tersendiri bagi teks anekdot. Dibawah ini adalah beberapa struktur dan unsur unsurnya:

Abstraksi

Unsur yang pertama ini, terletak dibagian depan paragraph tujuanya adalah, untuk memberikan gambaran yang jelas, mengenai pesan da nisi dari teks anekdot iu sendiri.

Orientasi

Unsur ini merupakan unsur yang  menggambatrkan suasana yang terjadi di dalam cerita, yang terapat dalam teks anekdot.

Krisis

Unsur ini merupakan unsur yang menyoroticontoh teks anekdot, untuk diangkat.

Peristiwa

Pada bagian nsur ini, merupakan unsur yang merangkumsemua rangkaian kejadian, yang terjadi di dalam contoh teks anekdot.

Reaksi

Unsur ini berisikan langkah langkah yang digunakan, untuk memecahkan masalah yang muncul, dibagian yang tebilang sangat kritis.

Koda

Paada unsur yang terahir ini, merupkan unsur  yang berisikan mengenai kesimpulan, dari cerita atau fenimena yang dibahas dalam teks anekdot.

Bahasa Yang Terkandung Dalam Contoh Teks Anekdot

Seperti jenis jenis esai lainya, dalam ilmu Bahasa Indonesia teks anekdot beberapa peraturan linguistic, atau lebih dikenal dengan sebutan gaya bahasa. Dibawah ini adalah atauran gaya bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah contoh teks anekdot.

  • Teks anekdot biasanya menggunakan latar waktu, yang  mana berupa waktu lampau
  • Lebih banyak memakai kata penghubung, atau bisa disebut dengan konjungsi.
  • Dalam teks anekdot terdapat sebuah kalimat, berupa kalimat perintah.
  • Memakai pernyataan yang retotik, pengertian retotik sendiri adalah kallimat yang pertanyaannya, tidak harus dijawab secara langsung, dikarnakan kaliamt ini bersifat umum, dan yang orang yang ditanyakan, sudah mengetahui jjawabanya.
  • Didalam teks terdapat penggunaan kata kerja.
  • Menggunakan tanda seru.

Contoh Teks Anekdot Lengkap Beserta  Strukturnya

contoh teks anekdot
matabaca.net

Setelah membahas semua struktur dan unsur, kali ini ppenulis akan mencoba untuk memberikan subuah contoh teks anekdot, kepada para sahabat  matabaca, tentunya dengan adanya contoh ini, penulis berharap agar bisa memberi pemahaman lebih,kepada sahabat matabaca. Berikutbadalah kumpulan kumpulan contoh teks anekdot yang baik dan benar,dan sudah pasti lucu. Ok langsung saja sob, selamat tertawa.

Contoh Teks Anekdot Yang Bikes (Bikin Kesel)-Belanja di online shope

contoh teks anekdot
matabaca.net

Customer :” selamat sianga mbak, saya mau pesan boleh mbak?

Penjual: “ oh iya tentu saja boleh lah mas, silahkan masnya mau pesan apa?, dan berapa jumlah barang yang mau di pesan?.

Cutomer: “ lo, maksud saya bukan mau pesan barangay mbak!,

Penjual: “ lo kok gitu mas!, lalu kalau bukan pesan barang pesan apa dong?.

Customer: “ jadi mabak, saya Cuma mau pesan mbak, jangan lupa untuk makan siang, dijaga kesehatanya, dan jangan lupa untuk shalat lima waktunya, udah itu aja maba!.

Pemjual: walah mas mas *sambil senyum tapi kesel*

ContohTeks Anekdot lucu+kocak- Gara Gara Takut Istri

contoh teks anekdot
matabaca.net

Pada suatu hari yang mendung,  disebuah rumah sakit datanglah seorang laki laki yang bertubuh kekar, namun ada hal yang aneh pada lelaki kekar tersebut, pada bagian telinganya terdapat luka bakar.

Laki laki tersebut kemudian memasuki ruangan, dan menemui seorang dokter dirumah sakit tersebut.

Dokter: “ silahkan duduk pak, ada yang bisa saya bantu ?,

Laki laki: “ ini dok telinga saya tolong * sambil memberitahukan luka bakar pada telinganya*.

Dokter: “ kenapa dengan telinga mas!, coba ceritakan kejadianya?.

Laki laki: “ begini dok, kemarin waktu istri saya sedan keluar rumah, saya di suruh untuk menyetrika baju dok,!. La, pada saat say sedang menyetrika baju, tiba tiba ada telephone masuk, karna saya berfikir telephone itu dari istri saya, saya pun reflek untuk mengangkat telephone tersebut,  tapi sialnya saya yang saya angakt ternyata bukan telephone, melainkan setrika panas yang kemudian saya tempelkan ke telinga saya.

Dokter: “ mas mas punya badan kekar kok mau disuruh nyetrika baju sama istri, jangan bilang masnya takut istri ya.

Laki laki: “ ya bisa dibilang begitu sih dok, habis istri saya galaknya minta ampun dok, kalau saja kemauanya tidak dituruti, wah bisa jadi perang dunia ke empat dok.

Dokter: “ ok saya paham, denga apa yang kamu rasaka, dan saya juga tahu bagaimana rasanya takut istri, *sambil merengek  dan memeluk laki laki kekar dokter berkata*. Karna saya juga takut sama istri saya mas, huhuhuhu. Lalu telinga yang bagian kiri kenapa mas ?

Laki laki: “ la itu dia masalahnya dok, karna telephone yang pertama tidak saya angkat karna kesakitan, yasudah saya angkat lagi setrikanya pakek telinga kiri, biar imbang kanan kiri sama sama sakit, kan kasian kalau Cuma yang kanan *jawabnya tangkas dan sok gagah*

Mendengar cerita tersebut, tanpa basa basi sang dokter mengambil setrika dan menempelkan wajah laki laki kekar tersebut.

Usur  dan struktur yang ada pada cerita gara gara takut istri

Abstraksi   : pada suatu hari yang mendung

Orientasi   :  disebuah rumah sakit, datanglah seorang laki laki yang bertubuh kekar,

Krisis         : keluhan laki laki kekar “ ini dok telinga saya tolong”

Reaksi       : kenapa dengan telinganya mas (dan seterusnya)

Koda          : mendegar cerita tersebut tanpa basa basi sang dokter, langsung mengambil setrika lalu menempelkan ke wajah laki laki kekar tersebut.

Contoh Teks Anekdot Lucu 2

Struktur Teks Anekdot Pria Bodoh

Abstraksi: ada seorang pria tanpa busana di tubuhnya.

Orientasi: dia berjalan di jembatan, dan tiba tiba mengambil topi, pria tua yang berjalan di depanya.

Krisis: kemudian  lelaki yang tidak mengenakan pakaian, ditubuhnya mengambil pakaian pria yang melompat.

Reaksi: pria bodoh itu masih mencari pria tua , yang berdiri dijembatan.

Koda: sebenarnya, ini hanya trik sederhana dari seseorang, untuk mendapatkan gaun itu.

Contoh teks anekdot- Tukang Roti

contoh teks anekdot
matabaca.net

Pada hari minggu yang cerah, seorang pedagang tukang roti lewat depan rumah. Kemudian salah satu dari teman kami awan, memanggil tukang roti tersebut, datanglah tukang roti menghampiri kami yang sedang istirahat di depan rumah.

Awan: “ ada roti jenis apa saja pak?”

Tukang roti: “ biasa dek, semuanya ada lengkap!.

Awan : “ lalu roti ini rasanya apa bang?.

Tukang roti: “ yang ini rasa coklat dik.”

Awan: “kalau yang ini”

Tukang roti: “ ini rasa strawberry dik.”

Awan : “kalau ini bang?.

Tukang roti: “kaau yang ini nasnas dik” *mulai kesal*

Awan: “ lah terus rotinya mana bang?, perasaan dari tadi ngomongnya buah buahan terus, abang nih jual buah apa roti, udah ah! Kalau begitu aku gak jadi beli.

Tukang roti: hening

mengrutu sambil meninggalkan tempat tersebut

Struktur dari teks anekdot tukang roti

Abstraksi: pada hari minggu yang cerah, seorang pedagang roti lewat depan rumah.

Orientasi: kemudian salah satu dari teman kami yang bernama awan memanggil tukang roti tersebut.

Krisis : lah terus rotinya mana bang?. Prasaan dari tadi ngomongnya buah buahan terus, abang nih jual buah apa roti, udah ah! Kalu begitu akau gak jadi beli.

Reaksi : hening

Koda:  menggerutu sanbil meninggalkan tempat

Teks Anekdot Singkat- Bodrex

contoh teks anekdot
matabaca.net

Di siang hari bulan ramadhan, seorang kakek tiba tiba merasakan sakit kepala, sang kakek langsung mengambil obat bodrex untuk menghilangkan rasa sakit kepalanya. Cucu sang kakek saat melihat kejadian tersebut, langsung bertanya “ bukanya kakek sedang puasa, lalu kenapa kakek malah minum obat?.

Dengan polosnya sang kakek menjawab dengan sedih “ ini obat bodrex cu, jadi bisa diminum kapan saja”.!

Catatan: untuk kata “ bisa diminum kapan saja” sebenarnya mengartikan bahwa obat tersebut, bisa diminum setelah dan sesudah makan, namun dalam teks did atas penulis sengaja membutanya, agar tekesan lucu.

Unsur Teks Anekdot Bodrex

Abstarak:  pada siang hari bulan ramadhan

Orientasi: seorang kkakek tiba tiba merasakan sakit kepala

Krisis: sang kakek langsung mengambil obat bodrex, untuk menghilangkan rasa sakit kepalanya

Reakasi:  cucu sang kakek saat melihat kejadian tersebut, langsung bertanya” bukanya kakek sedang puasa, lalu kenapa kakek malah minum obat.

Koda: dengan polosnya sang kakek menjawab dengan sedih, “ini obat bodrek cu,jadi bisa diminum kapan saja

Itulah pengertan beserta unsur dan contoh dari teks anekdot, saya selaku penulis mohon maaf sebesar besanya bila ada kesalahan kurang lebinya saya mohon maaf assa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *