Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengar Unsur Kaidah Bahasa Dan Pengertianya

posted in: Beranda, Informasi | 0

Contoh Teks Eksposisis– halo sahabat matabaca, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai pengertian dan contoh contoh teks eksposisi, lengkap dengan ciri ciri, jenis, struktur dan gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah teks eksposisi.

Sama dengan hal teks teks  yang lain, teks eksposisi juga memiliki beberapa ciri ciri dan pengertian yang berbeda. Ok, sahabat matabaca tanpa harus prolog yang panjang kita langsung masuk kepembahasan yaitu mengenai pengertian dari teks ekposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah suatu bentuk tulisan atau karangan yang berisikan mengenai usaha untuk menjelaskan, dan menjelaskan suatu pokok pikiran yang mampu memperluas pandangan, seseorang  yang membaca suatu karangan dengan gaya penulisan yang singkat,padat dan jelas.

Jenis jenis teks ekposisi

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Baca juga: Contoh teks eksplanasi dan pengertianya

Teks eksposisi terbagi menjadi 6 macam, berikut jenis dan pengertianya:

Teks eksposisi definisi

Teks ini adalah teks yang berjenis paragraph, yang mana didalamnya hanya menjelaskan pengertian dari suatu topic/definisi tertentu secara mendalam.

Teks eksposisi proses

Teks eksposisi proses ini berisikan mengenai cara cara dalam melakukan suatu hal secara berurutan

Teks eksposisi ilustrasi

Yang ketiga ini merupakan teks paragraph yang menampilkan informasi, pembahasan suatu topic degan menampilkan sebuah gambar. Dan penjelasan yang cukup simple, penjelasan tersebut terkait dengan topic yang memiliki persamaan, baik dalam sifat dan kemirippan dalam suatu hal tertentu.

Teks eksposisi laporan

Teks ini adalah paragraph eksposisi yang menjelasan suatu laporan,dari sebuah peristiwa dan penelitian yang telah di tentukan.

Teks ekposisi perbandingan

Teks ini adalah teks yang sukanya memberikan sebuah perbandingan, ataupun membandingkan suatu hal dengan hal yang bertentangan.

Teks eksposisi pertentangan

Teks eksposisi ini merupakan suatu teks yang memuat mengenai hal hal yang bertentangan, yang mana hal itu berkaitan dengan hal yang lain.

Ciri teks eksposisi

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Adapun ciri ciri dari teks  eksposisi itu adalah:

  • Teks ini berbasis dari sebuah fakta atau fenomena, yang mampu dijelaskan dengan menggunakan logika atau penalaran.
  • Teks ini hanya menggunakan kaidah bahasa yang informative
  • Penyampaianya secara logis dan gamplang
  • Menjelaskan berbagai informasi yang berbasis ilmu pengetahuan.
  • Objektif dan netral dan tidak memihak siapapun dan tidak memaksakan kehendak
  • Penjelasanya disertai dengan data yang mampu di pertanggung jawabkan
  • Menunjukan sebuah sebuah fakta yang fungsinya sebagai alat kongkritasi dan kontribusi

Struktur yang terdapat dalam teks eksposisi

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Baca juga : Pengertian Teks Anekdot Lengkap Dengan Contohnya

Tidak jauh beda dengan teks  eksplanasi dan teks teks yang lain, teks eksposisi sendiri juga mempunya beberapa struktur yang harus di penuhi , saat hendak membuat suatu contoh teks eksposisi. Berikut adalah struktur yang terdapat dalam contoh teks eksposisi:

Pembukaan

struktur pertama yang terdapat dalam contoh teks eksposisi adalah pembukaan, atau lebih kita kenal dengan orientasi, dalam hal ini biasanya teks eksposisi berisikan mengenai pandangan awal seorang penulis, terhadap tesis yang dijadikan sebagai topik permasalahan.

Tesis ataupun penyataan pendapat

Di bagiian ini merupakan teks yang memuat pandangan atau prediksi seorang penulis, atu sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang akan dibahas.

Dalam sebuah contoh tesis atau makalah pastinya terdapat sebah pernyataan, yang mana pernyataan tersebut didukung oleh sebuah argumentasi. Pada dasarnya sebuah makalah terdapat di awal dari teks eksposisi. Walaupun terkadang kita akan menemukanya di akhir suatu teks eksposisi, sebuah makalah sangatlah penting  untuk merangkai sebuah contoh teks eksposisi.

Argumentasi

argumentasi dalam teks eksposisi merupakan sebuah kalimat, yang terdiri dari argumen penguat sebuah tesis yang telah disampaikan oleh penulis, yang terletak di bagian awal tulisan. Salah satu contoh argument yang baik adalah yang mampu mengungkapkan salah satu sisi argumentasi, dan argument tersebut berisikan mengenai penjelasan mengenai pandangan, atau pemikiran yang terdapat dalam sebuah tesis atau makalah.

Dan disertai juga dengan menyertakan bukti pendukung, dan kumpulan data yang berhasil diraih, dalam perakteknya argumentasi juga dapat digunakan untuk menyanggah,  atau bahkan menolak sebuah pernyataan dari orang lain.

Penegasan suatu pendapat yang diulang

Dalam contoh teks eksposisi penegasan ulang teks eksposisi,berisikan tentang penegasan ulang mengenai pernyataan, sebuah pandangan atau prediksi yang berupa  penguatan kembali, atas semua pendapat, yang berisikan fakta dalam sebuah argument.

Dalam bagian ini, terdapat sebuah kesimpulan yang memberikan sebuah penegasan, yang diambil dari tesis yang telah didiskusikan,

Langkah-langkah untuk Mengenali Struktur Teks Ekspositori

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Baca juga : Contoh Novel Lengkap Dengan Unsur Unsurnya

 

  • Pertama, modelkan strategi ini untuk siswa dengan bekerja melalui bacaan teks yang diberikan yang menggambarkan struktur teks tertentu dan menjelaskan mengapa itu adalah tipe tertentu dan bagaimana tipe itu diatur. Manfaatkan kata-kata sinyal struktur teks yang disediakan di atas dan gunakan organizer grafik dari yang di bawah yang menggambarkan jenis teks yang dijelaskan.
  • Selanjutnya, berikan kepada para siswa sesi latihan agar mereka dapat menggunakan kata-kata sinyal dan pengatur grafik untuk setiap pola struktur teks. Langkah kedua ini memungkinkan Anda untuk secara bertahap mengalihkan tanggung jawab belajar tentang struktur teks dari diri Anda kepada siswa.
  • Akhirnya, ketika siswa telah menjadi mahir dalam mengidentifikasi pola struktur teks tertentu, mereka harus menghasilkan contoh dari berbagai struktur pada mereka sendiri.
  • Untuk lebih memperkuat pemahaman siswa tentang struktur teks, Anda dapat menggunakan prosedur Notetaking Terstruktur (Smith & Tompkins, 1988) untuk mengembangkan panduan belajar berdasarkan struktur teks bacaan yang ditugaskan.

Unsur atau kaidah bahasa dalam  Contoh teks eksposisi

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Teks eksposisi sangat berbeda dari teks narasi dalam nada, gaya, struktur, dan fitur. Pertama, teks ekspositori memberikan nada otoritas, karena penulis memiliki informasi yang otentik dan akurat tentang subjek yang mereka tulis. Kedua, teks-teks ini mengikuti gaya yang jelas berbeda dari teks narasi. Teks ekspositori menggunakan bahasa yang jelas dan terfokus dan bergerak dari fakta yang umum ke spesifik dan abstrak ke konkrit.

Aspek lain dari teks ekspositori adalah bahwa mereka menggunakan struktur khusus untuk menyajikan dan menjelaskan informasi Dan, telah lama diketahui bahwa kemampuan untuk mengenali struktur teks meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami dan mengingat informasi yang dibaca.

Lima struktur yang paling umum digunakan dalam teks eksposisi  adalah pronomia, kalimat, kata leksital, konjungsi. Untuk membantu siswa mengenali dan mengidentifikasi struktur-struktur ini, guru dapat mengenalkannya dengan kata-kata sinyal atau penulis isyarat yang digunakan secara tertulis untuk setiap struktur (Lihat di bawah).

Selain itu, telah membuat serangkaian pertanyaan untuk membantu membimbing siswa dalam mengidentifikasi setiap struktur tertentu. Akhirnya, lihat master direproduksi di bawah ini untuk satu set penyelenggara grafis yang siswa dan guru dapat digunakan untuk memfasilitasi identifikasi struktur.

Promina

Pronomina adalah sebuah kata ganti orang yang dapat dipakai saat menyatakan pernyataan pendapat pribadi  yang  ditampilkan. Pronomina sendiri  terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu persona tunggal. Contohnya sebagai berikut: , Aku, Ia, Dia, Anda, Kamu, Saudara, ananda, -nya, -mu, -ku, si-, -ku Dan persona jamak misal seperti : Kalian,Kita, Mereka, Kami, Saudara-saudari, Hadirin,dan Para.
  • Pronomina Nonpersona (kata ganti selain orang) yaitu pronominal sebagai  penunjuk, contohnya antara lain: Ini, Itu, Sini, Sana, Situ. Dan pronomina penanya, contohnyasebagai berikut : Apa, Siapa dan Mana

Kalimat

Dalam pembagianya,Kalimat  yang terdapat dalam teks eksposisi terdiri dari dua kalimat, yaitu tunggal dan kalimat majemuk. Berikut penjelasanya.

Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya mempunyai  satu pola kalimat dan mempunyai satu subjek serta satu predikat yang diperluas dengan berbagai macam keterangan. Sedangkan Kalimat majemuk adalah kalimat yang mempunyai dua pola kalimat atau lebih.

Kalimat majemuk sendiri terbagi menjadi dua,yaitu  induk kalimat dan anak kalimat. Dan Cara membedakan  antara anak kalimat dan induk kalimat hanya  dengan melihat letak konjungsi.

Induk kalimat tidak berisi konjungsi di dalamnya,  dikarnakan konjungsi hanya terdapat pada anak kalimat saja. Setiap kalimat majemuk mempunyai kata penghubung yang berbeda beda, oleh sebab itu jenis kalimat tersebut dapat diketahui dengan cara melihat kata penghubung yang digunakan.

Konjungsi

Konjungsi atau  bisa berarti kata penghubung,  dan menurut istilah kata digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, kalimat dengan kalimat atau klausa dengan klausa dalam teks eksposisi untuk mendukung sebuah argumentasi.

Dengan adanya konjungsi ini teks yang disajikan akan lebih menjelaskan tentang sebuah tujuan. Sama halnya dengan teks eskposisi yang memuat tiga struktur yaitu tesis, argumentasi.

Dan penegasan ulang akan lebih jelas jika diberi kata sambung untuk menjelaskan maksud dari paragraf atau kalimat selanjutnya. Konjungsi sendiri terbagi menjadi 2 yaitu konjungsi eksternal dan konjungsi internal Berikut penjelasannya.

Konjungsi eksternal

Merupakan  konjungsi yang menghubungkan dua kejadian, deskripsi benda, atau kausalitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks. Konjungsi eksternal ini banyak dipakai pada genre atau jenis teks seperti laporan, deskripsi, eksplanasi, rekonstruksi, dan prosedur dan lain sebagainya.

Hal tersebut disebabkan genre atau teks  tersebut merupakan pengungkapan deskripsi peristiwa, dan kualitas konjungsi eksternal dapat dibagi lagi menjadi 4 kategori lagi yaitu:

  • Penambahan (dan, atau)
  • Perbandingan (tetapi, sementara)
  • Waktu (setelah, sebelum, sejak, ketika)
  • Sebab akibat (sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun)

Konjungsi internal

Merupakan sebuah  konjungsi yang menghubungkan 2 argumen atau ide yang terdapat di antara dua klausa simpleks atau dua kelompok klausa. Konjungsi internal banyak dipakai dalam genre atau jenis teks eksposisi, diskusi, atau eksploitasi dan lain sebagainya.

Hal tersebut terjadi dikarnakan teks atau genre tersebut secara utuh adalah ekspresi penyampaian sebuah gagasan dengan memakai argumentasi. Konjungsi internal sendiri  dapat dibagi menjadi 4 kategori makna, diantaranya

  • penambahan (selain itu, disamping itu, lebih lanjut)
  • perbandingan (akan tetapi, sebaliknya, sementara itu, disisi lain)
  • Waktu (pertama, kedua,..dst, kemudian, lalu, berikutnya)

Sebab akibat (sebagai akibat, akibatnya, jadi, hasilnya)

Berikut berbagai konjungsi yang ada pada teks eksposisi

  1. Konjungsi waktu : sebelum, kemudian, setelah itu, sesudah, lalu, setelah, akhirnya
  2. Konjungsi gabungan : dan serta, dengan,
  3. Konjungsi pembatasan : selain, kecuali asal
  4. Konjungsi tujuan : agar, untuk, supaya
  5. Konjungsi persyaratan : bilamana, asalkan, apabila jikalau, jika, apabila, bila, andaikan
  6. Konjungsi perincian :, yaitu, adalah, antara lain, ialah, yakni
  7. Konjungsi sebab-akibat : sebab, akibat, akibatnya, , karena, sehingga
  8. Konjungsi pertentangan : melainkan, namun, tetapi, akan tetapi, sedangkan
  9. Konjungsi pilihan : atau
  10. Konjungsi penguatan/penegasan : apalagi, hanya, lagi pula, bahkan itu pun,
  11. Konjungsi penjelasan : bahwa
  12. Konjungsi perbandingan : serupa, seperti, bagai, ibarat, mirip
  13. Konjungsi penyimpulan : oleh karena itu, jadi, oleh sebab itu, dengan demikian,

Kata Leksikal

  1. Nomina : kata yang berhubungan dengan benda, baik itu berupa benda nyata atau juga benda yang abstrak.
  2. Verba : kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses atau keadaan yang bukan sifat.
  3. Adjektiv : kata yang digunakani untuk menggambarkan sifat atau keadaan orang, benda dan binatang.
  4. Adverbia : kata yang melengkapi atau memaparkan informasi berupa keterangan tempat, waktu, suasana, alat, cara dan lain sebagainya

Contoh Teks Eksposisi Yang Baik Dan Benar

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Contoh 1

Judul: Mengapa Mereka Beralih ke Laut

Karena kesempatan kerja semakin terbatas di daratan, semakin banyak pemuda yang beralih ke laut untuk mencari nafkah. Beberapa dari mereka memilih bekerja di kapal hanya setelah mereka gagal mendapatkan pekerjaan. Namun, banyak pemuda sebenarnya lebih suka bekerja di laut daripada di darat. Menurut pendapat saya, ada beberapa alasan yang menyebabkan meningkatnya minat dalam menekuni profesi maritim.

Pertama, negara kita terdiri dari banyak negeri. Kami dikelilingi oleh air. Tidaklah mengherankan bahwa banyak orang memiliki tumbuh-tumbuhan untuk mencintai laut. Agar dapat menghabiskan lebih banyak waktu di dekat laut, mereka memutuskan untuk mengusahakannya. Banyak dari mereka menghabiskan seluruh hidup mereka di atas air.

Kedua, banyaknya anak-anak putus sekolah di negara tersebut serta para pemuda yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka di sekolah mencari pekerjaan pada waktu yang bersamaan. Kompetisi untuk pekerjaan adalah hebat. Banyak yang gagal mendapatkan pekerjaan di pabrik atau pabrik, sehingga orang-orang ini beralih ke laut sebagai upaya terakhir.

Ketiga, beberapa pria muda menghadapi masalah di rumah. Mereka ingin pergi sejauh mungkin dari masalah ini. Laut menjadi sarana populer untuk melarikan diri.

Akhirnya, orang muda secara alami menguntungkan. Mereka suka menjelajahi tempat-tempat baru. Mereka menikmati kegembiraan yang datang dengan ini. Dengan bekerja di kapal, mereka dapat melakukan perjalanan jauh dan luas. Selain itu, makanan dan penginapan di kapal gratis. Dengan demikian, banyak pria muda tertarik pada profesi maritim.

Contoh 2

Televisi adalah bentuk hiburan paling populer di rumah tangga mana pun. Tapi saya pikir televisi cenderung memiliki pengaruh yang luar biasa pada pemirsa.

Pertama, berdasarkan penelitian terbaru, orang-orang dari segala usia menggunakan media ini untuk menghibur diri mereka rata-rata lima jam sehari. Tentu saja, paparan TV yang terus-menerus akan mempengaruhi pemikiran dan sikap pemirsa. Ini bisa dilihat dari fakta bahwa banyak penjahat terinspirasi dari adegan di TV.

Kedua, orang dapat dipengaruhi oleh menonton televisi secara konstan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa mereka kurang dalam aktivitas fisik, menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membaca dan bekerja dan melihat sebuah karya kekerasan yang dapat mempengaruhi perasaan keamanan mereka sendiri.

Akhirnya, iklan komersial di TV bisa menjadi pencucian otak. Secara psikologis, tampilan iklan yang konstan akan membentuk citra seseorang tentang satu produk. Tidak heran orang lebih mudah mengingat semboyan atau slogan satu iklan daripada mengambil informasi yang telah mereka pelajari.

Singkatnya, TV akan menjadi semacam monster yang dapat menaklukkan pikiran dan sikap seseorang.

Contoh 3

Perokok perokok dikatakan memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai penyakit fatal. Tetapi saya pikir asap rokok orang lain tampaknya meningkatkan kemungkinan orang yang tidak merokok mendapatkan berbagai jenis kanker.

Pertama, meskipun perokok pasif menghirup lebih sedikit asap tembakau, para peneliti menunjukkan bahwa asap yang mereka hirup lebih kaya akan banyak bahan kimia beracun. Ada contoh, tiga kali lipat benzo-apyrene, enam kali lebih banyak loluene dan lebih dari 50 kali lipat dimenthyl nitrosamine. Tentu saja zat-zat ini akan membahayakan tubuh kita dalam jangka panjang.

Kedua, penelitian terbaru melaporkan bahwa risiko terkena kanker yang biasanya tidak terkait dengan merokok juga meningkat di kalangan perokok pasif. Risiko leukemia meningkat 6 – 8 kali dan risiko kanker serviks meningkat 3 – 4 kali lipat.

Ketiga, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa dengan produk asap rokok seperti coinine dan tiocynate, muncul dalam darah, urin dan air liur orang dewasa yang tidak merokok, anak-anak dan janin yang telah terpapar dengan perokok. Zat-zat ini adalah penyebab utama berbagai kanker.

Singkatnya, efek terpapar pada rokok orang lain lebih besar daripada yang diduga sebelumnya. Itulah sebabnya perokok pasif memiliki lebih banyak kemungkinan tertular kanker daripada orang tanpa paparan seperti itu.

Contoh Teks Eksposisi Yang Relevan

contoh teks eksposisi
matabaca.net

Contoh 1

Haruskah Anak-Anak Memakai Topi di Sekolah?
Saya percaya bahwa Anda harus selalu memakai topi di sekolah ketika Anda bermain di luar, untuk menghentikan Anda dari terbakar sinar matahari.
Argumen 1:
Pertama, jika Anda tidak memakai topi, Anda akan mendapatkan kulit terbakar semut terbakar sinar matahari yang menyakitkan.
Argumen 2:
Kedua, sengatan matahari bisa menyebabkan kanker kulit. Sunburn dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. Banyak orang yang lebih tua menderita kanker kulit yang dapat membunuh mereka.
Penguatan pernyataan posisi:
Menurut saya semua murid sekolah harus memakai topi.

Contoh 2

Pentingnya bahasa inggris
Saya pribadi berpikir bahwa bahasa Inggris adalah bahasa paling penting di dunia. mengapa f = apakah saya mengatakan itu?

Argumen1:

Pertama, bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Ini diucapkan oleh banyak orang di seluruh dunia, baik sebagai bahasa pertama atau kedua.

Argumen 2:

Kedua, bahasa Inggris juga merupakan kunci yang membuka pintu bagi pengetahuan ilmiah dan teknis, yang diperlukan untuk perkembangan ekonomi dan politik banyak negara di dunia.

Argumen 3:

Ketiga, Bahasa Inggris adalah persyaratan utama bagi mereka yang mencari pekerjaan. Pelamar yang menguasai bahasa Inggris aktif atau pasif lebih baik daripada mereka yang tidak.

Pernyataan penguatan posisi:

Dari fakta di atas, jelas bahwa semua orang perlu belajar bahasa Inggris untuk menyambut era global.

Mungkin cukup sekian mengenai pembahasan mengenai pengertian dan contoh comtoh teks eksposisi, kurang lebihnya saya selaku penulis minta maaf yang sebesar besarnya terimakasih sudah mampir ke matabaca.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *