Proses Pembentukan Prilaku Dalam Ilmu Psikologi

posted in: Informasi | 0

Dalam ilmu psikologi pembentukan prilaku akan menjadi hal yan sangat menarik ketika kita bersama sama memperhatikan sebuah kebiasaan yang ada pada setiap orang di sekitar kita. Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku seseorang, menjadikan ilmu ini wajib untuk mengupas banyak hal tenang perilaku perilaku dan sifat sifat manusia atau perorangan.

Itulah pembelajaran dari ilmu ini, ilmu ini pun memiliki cakuan yang sangat luas pembelajaranya pun tidak tertuju hanya pada satu hal saja. Dan yang lebih menariknya lagi penerapan ilmu psikologi ini bisa kita temukan dalam setiap aspek aspek ilmu pengetahuan.

Mungkin kalian akan bertanya kenapa hal tersebut bisa terjadi?. Yah itulah psikologi mungkin karena ilmu ini selalu membahas perilaku perilaku perorangan, jadi wajarlah jika perilaku atau sifat kita dalam menghadapi seluruh aspek ilmu pengetahuan selalu ada ilmu ilmu psikologi sebagai selinganya.

Pertanyaan selanjutnya apa iya ilmu psikologi bisa menjawab tentang bagai mana perilaku atau sifat manusia bisa terbentuk?, jawabanya iya. Kenapa demikian karna sudah banyak tokoh tokoh yang menyatakan bagaimana proses proses terbentuknya perilaku atau sifat yang ada pada manusia, berikut adalah beberapa tokoh yang mana tokoh ini mampu untuk menjelaskan dari mana perilaku manusia itu muncul.

Namun sebelum membahas mengenai tokoh tokoh tersebut mari sama sama kita bahas apa sih ilmu psikologi itu.? Ilmu Psikologi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari perilaku, fungsi mental dan juga mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang ini disebut dengan psikolog, dan para psikolog ini lah yang berusaha unuk mempelajai peran fungsi mental dalam prilaku manusai secara individu maupun kelompok.

Itulah sedikit pengertian tentang psikologi, selanjutnya mari kita bahas bersama siapakah tokoh tokoh yang berperan penting dalam ilmu pengetahuan Psikologi ini, berikut penjelasanya.

Tokoh Tokoh Yang Mengungkapkan Proses Pembentukan Prilaku

Ivan Pavlov

Ivan Pavlov
Ivan Pavlov

Ivan pavlov merupakan dokter yang berdarah Rusia, beliau lahir pada 14 September 1849 beliau lahir di sebuah desa kecil yang terletak di Rusia Tengah.

Ivan Pavlov bahwasanya terbentuknya sebuah perilaku sangat erat kaitanya dengan gerakan reflek, dan gerakan gerakan reflek tersebut bisa untuk di pahami.

Begitu pula perilaku sesorang, dan beliau berpendapat bahwa perilaku seseorang itu bergantung pada reflek. Dari pemikiran itulah kemudian dia membagireflk menjadi dua macamyaitu reflek wajar dan reflek bersyarat. Namun pada dasarnya kedua reflek tersebut membantu seseorang untuk membentuk perilaku dan merespon hl hal yang ada di sekitarnya.

B.F. Skinner

B.F. Skinner

Burrhus Frederic Skinner atau lebih di kenal B.F. Skinner dia adalah seorang Psikolog yang berasal dari Amerika Serikat beliau lahir di Pensylvania 20 maret 1904.  Mungkin kalian pernah mendengar “OPERANT CONDITIONING” atau yang artinyaCara kerja yang menentukan” B.F . Skinner cukup terkenal dengan teori ini.

Dalam teori ini beliau menjelaskan bahwasanya ada stimulan dan respon yang saling memiliki hubungan sehingga mampu membentuk tingkah laku seseorang.

Namun yang lebih di tekankan oleh nya tentang kedua hal tersebut adalah proses belajar dan kebiasaan dari seseorang tersebut, yang mampu membentuk perilaku.

Clark C. Hul

Clark Leonard Hul

Seorang dokter yang berkebangsaan New York, Amerika Serikat yang memiliki nama panjang Clark Leonard Hul lahir pada 24 Mei 1884. Beliau berpendapat bahwasanya sebuah perilaku terbentuk karena adanya perilaku yang dimilikioleh setiap individu, dari kebutuhan tersebutlahseseorang akan tergerak dan termotivasi untuk mencoba melakukan suatu hal.

Beliau Hul juga berpendapat bahwasanya kebutuhan yang di alami oelh setiap individu ini sangat berkontribusi pada perilaku yang akan di miliki oleh kepribadian seseorang.

Itulah beberapa tokoh tokoh yang mampu untuk menjelaskan pembentukan perilaku pada manusia, dan satu hal yang harus teman teman ketahui ternyata pembentukan perilaku atau kepribadian sesorang,  ternyata dapat dilakukan dengan cara mengikuti Tes MBTI .

Ok sob mungkin cukup  sekian tulisan kali ini mudah mudahan artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat buat kalian teman teman semua see yau next time gaes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *